Selasa, 27 November 2012

resume kewirausahaan


RESUME KEWIRAUSAHAAN
Mata Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Jurusan   : XII PEMASARAN 2
Sekolah              : SMK NEGERI 3 PONTIANAK
Nama                 : HASANAH
Email                  : hasanah.shana@ymail.com
Hal                      : 54-60

3. Strategi Pemetaan Produk (Product Mapping)
Sebuah usaha dapat sukses karena di bangun melalui pemikiran skala industri, dan di jalankan dengan jelas baik dari segi skala organisasi. Usaha maupun jangkauan pasarnya. Pada umumnya suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan pemetaan posisi perusahaan terhadap pasar.
Jika ditinjau dari struktur jenis produk, diperoleh tingkatan pemetaan produk, diperoleh tingkatan pemetaan produk seperti berikut:
·          Berdasarkan kategori produk terdapat warung nasi, warung bubur , toko roti, dan warung mie.
·         Berdasarkan golongan atau kelas produk terdapat warung tegal(warteg), restoran. Warung nasi uduk kaki lima dan mall
·         Berdasarkan jenis produk ada restoran seafood dan restoran fast food
·         Berdasarkan ciri-ciri produk ada restoran ayam goreng dan restoran ayam bakar
·         Berdasarkan kesamaan produk ada restoran ayam goreng kalasan, ayam kremes, ayam goreng sambal lampung, dan ayam goreng pedas panas.
Banyak wirausaha yang sulit berkembang karena tidak mengetahui pesaing usaha paling potensial yang harus dihadapi. kebenyakan  dari mereka hanya berkonsentrasi pada tingkatan masing-masing agar dapat lolos dari ketatnya pesaing pasar
4. Strategi Pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk di Pasar
 Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai bejalan adalah ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkatan pasar persainganya. Semakin mengetahui posisi strategis produk di pasar, akan mempermudah wirausaha menjalankan , memperbaiki strategi dan menyusun rencana usahannya
Konsep pemetaan kualitas dan harga antara produk-produk di pasar adalah dengan membandingkan kualitas produk dengan harga. Konsep pemetaan ini disebut Value-Based Pricing. Sebagai acuan pemetaan digunakan kualitas produk pesaing yang sering dibeli konsumen dengan harga rata-rata pasar
5. Mengetahui  Teori Permintaan dan Penawaran (Supply and Demand Theory)
 Salah satu toeri yang harus dikuasai seorang wirausaha dalam mempersiapkan strategi menjalankan usaha adalah teorin permintaan dan penawaran (supply and demand theory). Ketidak mengertian teori ini dapat memengaruhi mekanisme pengambilan kebijakan harga dan keseimbangan pasar produknya.
Mekanisme harga di pasar adalah proses yang terjadi karena adanya tarik menarik antara konsumen yang ingin memiliki suatu produk yang ditawarkan produsen dengan harga yang membuat semua pihak merasa terpuaskan.
Harga merupakan hasil (laba) dari keseimbangan tarik menarik di pasar
a.      Perilaku konsumen dan permintaan suatu produk di pasar
Perilaku konsumen terhadap suatu barang akan menimbulkan permintaan di pasar. Hal ini yang menjadi dasar dari Hukum Permintaan, yaitu apabila harga barang naik jumlah barang yang di minta konsumen akan turun, dengan kondisi ceteris paribus (semua faktor lain yang mempengaruhi permintaan tidak berubah). Begitu juga sebaliknya jika harga suatu barang  turun permintaan akan mengalami kenaikan
Hukum Gossen atau sering disebut dengan Law Of Diminishing Marginal Utility (kepuasan bisa di turunkan) menyatakan semakin banyak suatu barang dikonsumsi. Maka tambahan kepuasan marginal setiap satuan tambahan yang dikonsumsi akan menurun
b.      The Law of Diminishing Return adalah hukum yang menyatakan bahwa bila suatu macam input ditambah dengan penggunaanya sedangkan input lainnya tetap.
telah kita ketahui bahwa keseimbangan pasar akan terjadi apabila jumlah barang yang di poduksi sama dengan jumlah permintaan dari konsumen untuk mencapai kepuasan dengan harga tertentu
dalam hal ini , hukum penawaran adalah semakin tingginya harga suatu barang di pasar di harapkan jumlah barang yang ditawarkan akan semakin tinggi juga

SOAL ESAY
1.     Apa penyebab wirausaha sulit berkembang ?
2.     Sebutkan salah satu faktor penyebab kegagalan usaha ?
3.     Apa teori yang harus di kuasai oleh wirausaha ?
4.     Apa yang dimaksud dengan mekamisme harga di pasar ?
5.     Apa yang dimaksud dengan hukum penawaran ?
6.     Apa penyebab terjadinya keseimbangan pasar ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar