RESUME KEWIRAUSAHAAN
Mata
Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Jurusan : XII PEMASARAN 2
Sekolah : SMK NEGERI 3 PONTIANAK
Nama : HASANAH
Email : hasanah.shana@ymail.com
Hal : 54-60
3. Strategi
Pemetaan Produk (Product Mapping)
Sebuah usaha
dapat sukses karena di bangun melalui pemikiran skala industri, dan di jalankan
dengan jelas baik dari segi skala organisasi. Usaha maupun jangkauan pasarnya.
Pada umumnya suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan pemetaan posisi
perusahaan terhadap pasar.
Jika
ditinjau dari struktur jenis produk, diperoleh tingkatan pemetaan produk,
diperoleh tingkatan pemetaan produk seperti berikut:
·
Berdasarkan kategori produk terdapat warung
nasi, warung bubur , toko roti, dan warung mie.
·
Berdasarkan
golongan atau kelas produk terdapat warung tegal(warteg), restoran. Warung nasi
uduk kaki lima dan mall
·
Berdasarkan
jenis produk ada restoran seafood dan restoran fast food
·
Berdasarkan
ciri-ciri produk ada restoran ayam goreng dan restoran ayam bakar
·
Berdasarkan
kesamaan produk ada restoran ayam goreng kalasan, ayam kremes, ayam goreng
sambal lampung, dan ayam goreng pedas panas.
Banyak
wirausaha yang sulit berkembang karena tidak mengetahui pesaing usaha paling potensial
yang harus dihadapi. kebenyakan dari
mereka hanya berkonsentrasi pada tingkatan masing-masing agar dapat lolos dari
ketatnya pesaing pasar
4. Strategi
Pemetaan Kualitas dan Harga Pasar untuk Mengetahui Posisi Produk di Pasar
Salah satu faktor penyebab kegagalan ketika usaha sudah mulai
bejalan adalah ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkatan
pasar persainganya. Semakin mengetahui posisi strategis produk di pasar, akan
mempermudah wirausaha menjalankan , memperbaiki strategi dan menyusun rencana
usahannya
Konsep
pemetaan kualitas dan harga antara produk-produk di pasar adalah dengan
membandingkan kualitas produk dengan harga. Konsep pemetaan ini disebut
Value-Based Pricing. Sebagai acuan pemetaan digunakan kualitas produk pesaing
yang sering dibeli konsumen dengan harga rata-rata pasar
5.
Mengetahui Teori Permintaan dan
Penawaran (Supply and Demand Theory)
Salah satu toeri yang harus dikuasai seorang
wirausaha dalam mempersiapkan strategi menjalankan usaha adalah teorin permintaan
dan penawaran (supply and demand theory). Ketidak mengertian teori ini dapat
memengaruhi mekanisme pengambilan kebijakan harga dan keseimbangan pasar
produknya.
Mekanisme
harga di pasar adalah proses yang terjadi karena adanya tarik menarik antara konsumen
yang ingin memiliki suatu produk yang ditawarkan produsen dengan harga yang
membuat semua pihak merasa terpuaskan.
Harga
merupakan hasil (laba) dari keseimbangan tarik menarik di pasar
a. Perilaku konsumen dan permintaan
suatu produk di pasar
Perilaku
konsumen terhadap suatu barang akan menimbulkan permintaan di pasar. Hal ini
yang menjadi dasar dari Hukum Permintaan, yaitu apabila harga barang naik
jumlah barang yang di minta konsumen akan turun, dengan kondisi ceteris paribus
(semua faktor lain yang mempengaruhi permintaan tidak berubah). Begitu juga
sebaliknya jika harga suatu barang turun
permintaan akan mengalami kenaikan
Hukum Gossen
atau sering disebut dengan Law Of Diminishing Marginal Utility (kepuasan bisa
di turunkan) menyatakan semakin banyak suatu barang dikonsumsi. Maka tambahan
kepuasan marginal setiap satuan tambahan yang dikonsumsi akan menurun
b. The Law of Diminishing Return adalah
hukum yang menyatakan bahwa bila suatu macam input ditambah dengan penggunaanya
sedangkan input lainnya tetap.
telah kita
ketahui bahwa keseimbangan pasar akan terjadi apabila jumlah barang yang di
poduksi sama dengan jumlah permintaan dari konsumen untuk mencapai kepuasan
dengan harga tertentu
dalam hal
ini , hukum penawaran adalah semakin tingginya harga suatu barang di pasar di
harapkan jumlah barang yang ditawarkan akan semakin tinggi juga
SOAL ESAY
1. Apa penyebab wirausaha sulit
berkembang ?
2. Sebutkan salah satu faktor penyebab
kegagalan usaha ?
3. Apa teori yang harus di kuasai oleh
wirausaha ?
4. Apa yang dimaksud dengan mekamisme
harga di pasar ?
5. Apa yang dimaksud dengan hukum
penawaran ?
6. Apa penyebab terjadinya keseimbangan
pasar ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar